SELAMAT DATANG DI DUNIA GUBRAK!!!

Gubrak Indonesia

Senin, 11 Oktober 2010

12 Oktober 2002

Hari ini 8 tahun yang lalu, Bom Bali terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002. Tiga ledakan bom mengguncang Bali. Ledakan pertama dan kedua mengguncang kawasan Legian, Kuta tepatnya di Paddy's Cafe dan Sari Club. Sedangkan ledakan lainnya terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, Renon Denpasar.  mengorbankan 202 orang dan melukai 209 yang lain, kebanyakan merupakan wisatawan asing.Ledakan juga mengakibatkan kerusakan parah dalam radius 100 meter dari pusat ledakan. Polisi mengidentifikasikan bahwa ledakan berasal dari bom mobil yang diletakkan di dalam Mitsubishi L-300.  Peristiwa ini sering dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.
Bom Bali merusak tatanan hidup masyarakat Bali. Pariwisata mendadak lumpuh, banyak karyawan yang terpaksa dirumahkan dan banyak anak yang menjadi yatim piatu karena kehilangan orang tuanya yang menjadi korban kebiadaban teroris. Banyak korban yang luka parah mengalami cacat fisik seumur hidup. Bisa dibayangkan penderitaan mereka. Dan biadabnya lagi para pelaku Bom BALI tidak pernah merasa bersalah. 
Beberapa orang Indonesia telah dijatuhi hukuman mati karena peranan mereka dalam pengeboman tersebut. Abu Bakar Baasyir, yang diduga sebagai salah satu yang terlibat dalam memimpin pengeboman ini, dinyatakan tidak bersalah pada Maret 2005 atas konspirasi serangan bom ini, dan hanya divonis atas pelanggaran keimigrasian.
* Serangan ini terjadi tepat 1 tahun, 1 bulan dan 1 hari setelah Serangan 11 September ke menara WTC, Amerika Serikat.
Peristiwa Bom Bali I ini sudah diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Long Road to Heaven, dengan pemain antara lain Surya Saputra sebagai Hambali dan Alex Komang, serta melibatkan pemeran dari Australia dan Indonesia.
* Ketiga pelaku yang telah dihukum mati mengaku tidak menyesal atas perbuatan mereka.
  • Abdul Aziz alias Imam Samudra, terpidana mati
  • Ali Ghufron alias Mukhlas, terpidana mati
  • Amrozi bin Nurhasyim alias Amrozi, terpidana mati. (Sumber : Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).Untuk tahun ini, Peringatan bom Bali I 2010 pada 12 Oktober tidak akan digelar. Sebab, bertepatan pada waktu yang sama, masyarakat Kuta disibukkan dengan ritual dan upacara besar, yaitu Ngusabha Desa Adat Kuta. Desa Adat Kuta akan kembali menggelar peringatan bom Bali pada tahun mendatang.

Semoga kejadian ini tidak pernah terulang lagi di Bali, Indonesia atau pun di belahan bumi lainnya. Semoga Tuhan menyadarkan orang-orang atau para pelaku atau calon pelaku agar kembali ke jalan yang benar. Karena Surga akhirat  takkan pernah akan kau capai dengan membuat neraka di dunia. BALI LOVE PEACE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar